Rabu, 25 Juni 2014

Pentingnya Manfaat E-Commerce di dunia Bisnis



        Bisnis menjadi hal yang fenomenal di dunia IT, maka pelaku bisnis tersebut tidak akan aneh mendengar kata E-commerce. Elektronik Commerce adalah segala sesuatu yang menyangkut transaksi perdagangan atau perniagaan dengan menggunakan media elektronik.
1. Aplikasi E-Commerce
E-commerce menggunakan aplikasi-aplikasi yang memudahkan pembisnis melakukan kegiatan jual-beli dengan lancar, yakni :
Elektronik Market
Sebuah sistem antar organisasi, dimana sistem tersebut menyediakan fasilitas bagi para penjual maupun pembeli untuk bertukar informasi tentang harga dan produk-produk yang ditawarkan. Manfaat dari Elektronik Market itu sendiri adalah pelayanan yang ditawarkan lebih cepat sehingga lebih banyak menarik minat pembeli sehingga dapat menghemat waktu.
Electronic Data Interchange
Elektronik Data Interchange yaitu sarana untuk mengefisienkan pertukaran data transaksi reguler yang terus-menerus dalam jumlah besar dengan organisasi-organisasi komersial. Manfaat Elektronik Data Interchange yaitu mengurangi kesalahan dan merespon secara cepat sehingga menghemat waktu dan biaya.
Internet Commerce
Penggunaan Internet berbasis teknologi informasi dan komunikasi untuk kepentingan komersial atau perdagangan. Transaksi yang dapat dilakukan di internet antara lain pemesanan/pembelian barang dan lain-lain. Manfaat Internet Commerce adalah Harganya lebih murah membuat situs di internet dibandingkan dengan membuka outlet.
Karakteristik E-Commerce
E-commerce mempunyai karakteristik khusus
1. Transaksi tanpa batas
Dewasa ini perkembangan internet sudah sangat luas, pengusahan-pengusaha bisnis sudah bisa memasarkan produknya di berbagai negara dengan membuat web yang dapat diakses oleh orang-orang di luar mancanegara.
2. Transaksi anonim
Pembeli dan penjual tidak harus mempunyai kekerabatan atau mengetahui lokasi tokonya. Dengan E-commerce pembeli dan penjual dapat bertransaksi tanpa harus bertatapan muka.
3. Produk barang tak mempunyai wujud
Perkembangan jaman sudah sangat pesat, kini kita tidak lagi disuguhkan dengan barang dalam bentuk nyata di perdagangan online, tetapi barang dalam bentuk tidak nyata juga dapat diperdagangkan. Misalnya software, data dan lainnya.
Jenis-Jenis E-Commerce
Dalam Bisnis E-commerce, kita cari perdagangan yang berbeda-beda, maka dari itulah , E-Commerce juga dikelompokkan berdasarkan jenisnya
1. Business to Business
Pada jenis ini , pelaku biasanya saling mengenal satu sama lain sehingga transaksi bisnis dapat terjalin dengan nyaman. Kemudian biasanya cara jenis ini dilakukan oleh perusahaan yang bertransaksi dalam jumlah besar.
2. Business to Consumer
Terbuka untuk umum, Merupakan sistem komunikasi bisnis antar pelaku bisnis dengan konsumen untuk memenuhi kebutuhan tertentu pada saat tertentu.bentuk Pelayanan yang diberikan berdasarkan permintaan dari Consumer
3. Consumers To Consumers
Bersifat Khusus, transaksi dilakukan hanya antar konsumen saja seperti layaknya cara pelelangan barang. Biasanya jenis ini membuat beberapa komunitas tertentu dan jika terjadi ketidakpuasan pada suatu pelayanan , makan hal itu akan tersebar ke komunitas lainnya.
4. Consumers To Bussines
Seseorang yang menjual produk atau jasa kepada organisasi/perusahaan atau dapat juga dikatakan seseorang yang mencari penjual dan melakukan transaksi.
Manfaat dan Kelemahan
Manfaat
Dengan berbagai penjelasan tentang E-Commerce tersebut, maka penting adanya transaksi bisnis dengan metode E-Commerce, selain banyak keuntungan yang didapat, banyak pula manfaat yang dirasakan
Manfaat bagi konsumen
Seseorang menjadi tidak perlu repot-repot keluar rumah untuk membeli barang kebutuhannya, hanya dengan melihat produk online shop yang berbasis E-Commerce, mereka dengan mudah mendapatkan kebutuhannya tanpa harus bersusah payah mengantri. Dan transaksi online ini dapat dilakukan 24jam
Manfaat bagi masyarakat
E-commerce memungkinkan seseorang berbisnis tanpa keluar rumah, dengan bermodal komputer dan jaringan internet, kegiatan E-Commerce dapat dilakukan dimana saja. Harga yang ditawarkan oleh pengguna E-Commerce pada barang produksinya rata-rata dibawah harga pasaran, dan tentunya banyak dilirik kaum pembeli lokal maupun internasiaonal.
Manfaat bagi bisnis
Dalam siklus jual beli biasa, pelanggan hanya mencangkup daerah itu saja, tetapi dalam E-Commerce perusahaan dapat mengembangkan usahanya ke daerah bahkan negara lain yang tentunya dapat meningkatkan keuntungan perusahaan.
Kelemahan
• Kurangnya Sistem Keamanan
• Banyak yang memanfaatkan kegiatan ini untuk hal hal yang tidak sesuai etika
• Banyaknya Hacker yang mampu memanipulasi data.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar