KODE ETIK PROGRAMMER
- Seorang programmer tidak boleh membuat atau
mendistribusikan Malware.
- seorang programmer tidak boleh menulis kode yang sulit
diikuti dengan sengaja.
- seorang programmer tidak boleh dokumentasi yang
dengan sengaja untuk membingungkan atau tidak akurat.
- seorang programmer tidak boleh menggunakan ulang kode
hak cipta telah membeli atau telah meminta izin.
- tidak boleh mencari keuntungan dari proyek yang telah
didanai oleh pihak kedua tanpa izin.
- tidak boleh mencuri softwere khususnya development
tools.
- tidak boleh menerima dana tambahan dari berbagai pihak
eksternal dalam suatu proyek secara bersamaan kecuali mendapatkan izin.
- tidak boleh menulis kode yang dengan sengaja
menjatuhkan kode programmer lain untuk mengambil keuntungan dalam kenaikan
status.
- tidak boleh membeberkan dana-dana penting karyawan
dalam perusahaan.
- tidak boleh memberitahu masalah keuangan pada pekerja
dalam pengembangan suatu proyek.
- tidak pernah mengambil keuntungan dari pekerjaan orang
lain.
- tidak boleh mempermalukan profesinya.
- tidak boleh secara asal-asalan menyangkal adanya bug
dalam aplikasinya.
- tidak boleh mengenalkan bug yang ada dalam
software yang nantinya programmer akan mendapatkan keuntungan dalam
membetulkan bug.
- terus mengikuti perkembangan ilmu komputer. pada
umumnya programmer harus mematuhi “Golden ruler”: memperlakukan orang
sebagaimana kamu ingin diperlakukan. jika semua programmer mematuhi semua
peraturan ini, maka tidak akan ada masalah dalam komunitas.
KETERAMPILAN YANG HARUS DIMILIKI
SEORANG PROGAMMER
- memahami kode sumber sebuah program, dari yang
sederhana hingga relatif kompleks, adalah keterampilan yang harus dimilki
seorang programmer.
- implementasi sebuah algoritma yang memodifikasi menjadi
sebauah struktur data dalam sebuah program dapat kita adaptasikan dalam
program yang kita buat sendiri dengan konteks dan struktur data yang sama
sekali berbeda.
- melanjutkan pengelolaan, menyesuaian, mengembangkan dan
(bila perlu) merombaknya untuk menyesuaikan program dengan kebutuhan
pengguna tanpa mengorbankan kemudahan perawatan dimasa akan datang
- memiliki kemampuan sebagaimana dijelaskan dalam point 1
dan 2 untuk program yang ditulis dan didokumentasikan oleh programmer
lain.
- membaca program untuk memperkaya perkakas yang dimiliki
seorang programmer untuk memecahkan masalah.
KEWAJIBAN PROGRAMMER
- memahami konsep dasar sistem operasi. Kebanyakan dari
programmer Indonesia biasanya membuat aplikasi di atas sistem operasi,
sehingga banyak yang berpendapat bahwa tidak perlu memahami cara kerja
sistem operasi.
- memahami konsep dasar sistem jaringan. Sebuah
aplikasi tidak dapat berjalan sendiri. Aplikasi tersebut pasti harus
berhubungan dengan internet, melayani banyak pengguna
- memahami sistem dasar relational database. Setiap
aplikasi pasti memiliki sebuah database dalam penyimpanan datanya untuk
itu programmer khususnya Database Programmer ditekankan menguasai
relational database.
- karena sekarang jaman internet, maka wajib
memahami protokol HTTP, FTP, POP3, SMTP, SSH. Protokol HTTP sekarang
adalah protokol yang paling banyak digunakan di internet.
- karena sekarang jamanya globalisasi, maka wajib
memahami unicode. Unicode itu penting supaya aplikasi kita tetap bisa
diinstal di komputer mana saja.
- lebih dari satu bahasa pemrograman. Pemahaman lebih
dari satu bahasa itu penting agar wawasan programmer lebih terbuka. Bahwa
tidak ada bahasa yang one-fit-all.
- cara menggunakan version kontrol. project
opensource Dalam dunia kerja, penggunaan version control adalah wajib. Ini
standar (de facto) internasional. Jika mempunyai, baik di Sourceforge,
Apache, Codehaus, dan semua hosting project opensource, pasti programmer
akan diberikan version control.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar