Selasa, 21 Mei 2013

PENGAMBILAN KEPUTASAN DALAM ORGANISASI

      Pengambilan keputusan adalah hasil pemecahan masalah yang didasari atas logika dan pertimbangan, penetapan alternatif terbaik, dan harus mendekati tujuan yang telah ditetapkan.

Jenis pengambilan keputusan :

      Pengambilan keputusan terprogram atau terstruktur Yaitu pengambilan keputusan yang sifatnya rutinitas, berulang-ulang, dan cara menanganinya telah ditentukan.
       
        a.   Prosedur : yaitu srangkaian langkah yang berhubungan dan berurutan yang harus diikuti oleh pengambil    keputusan
  b. Aturan : yaitu ketentuan yang mengatur apa yang harus dan apa yang tidak boleh dilakukan oleh pengambil  keputusan 
         c.    Kebijakan : yaitu pedoman yang menentukan parameter untuk membuat keputusan.
         Pengambilan keputusan tidak terprogram (tidak terstruktur) Adalah  pengambilan keputusan yang tidak rutin dan sifatnya unik sehingga memerlukan pemecahan khusus.
a.   Manajemen puncak yang berkaitan dengan masalah perencanaan yang bersifat strategis (strategic planning).
Pada manajemen puncak keputusan yang diambil adalah keputusan strategis.
b.   Manajemen menengah, yaitu menangani permasalahan kontrol/pengawasan yang sifat pekerjaannya lebih
banyak pada masalah administrasi. Pada manajemen menengah ini keputusan yang diambil adalah keputusan administrasi/taktis. Keputusan ini adalah keputusan yang berkaitan dengan pengelolaan sumber daya.
c.  Manajemen operasional, yaitu berkaitan dengan kegiatan operasional (kegiatan operasi harian). Keputusan
yang diambil pada manajemen operasional disebut keputusan operasional.

Faktor-faktor yang mempengaruhi pengambilan keputusan :
-          Posisi atau kedudukan
-          Masalah
-          Situasi
-          Kondisi
-          Tujuan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar